Selayang Pandang Festival Hortikultura 2015

0
783

Selayang Pandang Festival Hortikultura 2015
Mataram, 10 – 14 Oktober 2015 

Festival Hortikultura merupakan momentum istimewa bagi pelaku bisnis hortikultura yang bertujuan untuk mengangkat eksistensi pengembangan hortikultura nusantara sebagai komoditas komersial.  Pameran ini merupakan ajang pameran Hortikultura Indonesia berskala internasional yang menjadi agenda tahunan nasional Direktorat  Jenderal Hortikultura Kementrian Pertanian.  Berawal hanya untuk Flori Indonesia (Pekan Flori Nasional/PFN) yang dilaksanakan di Tomohon (2008), kemudian di lengkapi dengan buah, sayur dan tanaman obat sehingga menjadi Pekan Flori an Flora Nasional (PF2N) yang diselenggarakan di Banten (2009), di Batam (2010), di Bali (2011), di Medan (2012), di Yogyakarta (2013), dan di Makasar (2014).  Pada tahun 2015 Kota Mataram mendapat kehormatan menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan Festival Hortikultura yang ke-8 dengan mengambil tema : “Menduniakan Hortikultura, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia”. 

   

Dipilihnya Kota Mataram sebagai lokasi penyelenggaraan Festival Hortikultura 2015 karena kota ini dinilai memiliki potensi yang luar biasa untuk mendukung kemajuan hortikultura nasional melalui berbagai sember daya yang dimilikinya antara lain potensi sumber daya manusia, potensi pariwisata dan budaya serta potensi sumber daya ekonomi kreatif lainnya.  Dengan berbagai potensi dan keunggulan yang dimilikinya, Mataram diharapkan bisa menjadi show window pengembangan hortikultura nasional.

Festival Hortikultura merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Pemerintah Provinsi NTB, Pemerintah Kota Mataram dan Event Organizer PT. Milenia Sarana Solusi.  Berbagai kegiatan yang digelar antara lain Lomba Varietas Hortikultura, Kontak Bisnis, Panen Jambore Varietas, Pameran Hortikultura Nasional,  Pelayanan Perijinan, Lomba Stand, Bursa Kuliner Nusantara,  Kursus Merangkai Bunga, Lomba Merangkai Bunga, Lomba Merangkai Sayuran dan Tanaman Obat, Seminar Nasional Hortikultura,  Jambore Varietas Hortikultura, Lomba Merangkai Buah, Lomba Sepeda Hias, Lomba Penerapan Teknologi Pengendalian OPT Ramah Lingkungan Spesifik Lokasi di Tingkat Klinik PHT, Lomba Pengembangan Teknologi Pengendalian OPT Ramah Lingkungan Spesifik Lokasi di LPHP, Temu teknologi Perbenihan Hortikultura, Lomba Mewarnai dan Menggambar Sayuran dan Tanaman Obat (Tk. SD), Kontak Bisnis, Pelayanan Perijinan Pemasukan dan Pengeluaran Benih Hortikultura, Pameran Hortikultura Nasional, Busrsa Kuliner Nusantara, Kursus Desain, Pembuatan dan Perawatan Taman, Lomba Mengupas Buah, Lomba Makan Buah, Lomba Ayam Ketawa, Wisata Agro NTB, Worshop Perbenihan Kentang, dan Kursus Pasca Panen Cabai.

VISI      : Festival Hortikultura menjadi pilot project bagi kegiatan Agribisnis Hortikultura Indonesia.
MISI   : Menjadikan Festival Hortikultura sebagai event Nasional bertaraf International untuk mendorong  kemajuan hortikultura Indosesia.
Pelaksanaan
Bursa                            : Mulai tanggal 9 Oktober 2015
Tanggal Pameran           : 10 – 14 Oktober 2015
Jam Buka                     : 09.00 – 20.00 WIB
Lokasi Utama                : Ruang Terbuka Hijau (RTH)
Jl. Tuan Guru Faesal, Kel. Pagutan Timur, Kec. Mataram, Kota Mataram, NTB.

 Kontak Penghubung Stand Pameran

  • Event Organizer (PT. Milenia Sarana Solusi)

Tiqo (081288896848)
Yudi ganjar (082311691415)

  • Direktorat Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian

Ir. Medirena Railan, MM (0811170594)
Lilis Suhaeti, SP (082120794861)

   

Profil Peserta Pameran   

  • Aosiasi, Kelompok tani dan Pelaku Usaha Hortikultura
  • Usaha kecil dan Menengah Hortikultura (produk olahan makanan, produk kesehatan dan kecantikan)
  • Industri sarana pendukung pengembangan hortikultura (pupuk, pestisida ramah lingkungan, media tanam, sarana budidaya, mesin dan alat pertanian, alat pascapanen, kemasan dan sebagainya)
  • Perbankan / Asuransi
  • Perguruan Tinggi
  • Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten / Kota
  • Lembaga penelitian

Profil Pembembli Potensial

  • Supplier/distributor/pelaku usaha di bidang hortikultura
  • Investor bidang hortikultura
  • Petani dan produsen hortikultura
  • Pelaku industri pengolahan produk makanan, obat herbal/jamu dan kosmetik
  • Pedagang dan eksportir potensial bidang hortikultura
  • Pelaku peristiwa seperti hotel, spa, restoran, dan agrowisata
  • Petugas Dinas Provinsi, Kabupaten/Kota seluruh Indonesia
  • Perwakilan Negara Sahabat, Pelaku Usaha Hortikultura dari Negara Anggota ASEAN serta Perwakilan Kadin Negara-Negara Sahabat
  • Importer dari mancanegara
  • Masyarakat umum.

Profil Pengunjung

  • Pejabat Pemerintah Pusat dan Daerah, perwakilan Negara sahabt dan undangan lainnya
  • Instansi terkait di dalam dan luar lingkup Kementerian Pertanian
  • Dinas pertanian Provinsi, kabupaten/Kota seluruh Indonesia
  • Asosiasi, pelaku Usaha Hortikultura
  • Petani/kelompok Tani/Gapoktan
  • Pelaku Pariwisata
  • Pengusaha Nasional dan Mancanegara
  • Wisatawan asing dan domestic
  • Pelajar, Mahasiswa dan Masyarakat Umum

 

Produk Yang Dipamerkan

  • Aneka vrietas unggul tanaman hortikultura (Buah, Sayuran, Tanaman Obat, Florikultura), oleh pelaku usaha, petani, pemerintah Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat.
  • Aneka produk hortikultura bermutu, oleh pelaku usaha, petani, pemerintah kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat.
  • Aneka produk olahan hortikultura termasuk hasil industri produk kesehatan, herbal dan kecantikan, oleh pelaku usaha, petani, permerintah Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat.
  • Aneka model lanskap/taman
  • Teknologi maju budidaya dan penanganan pascapanen hortikultura
  • Teknologi pengendalian hama terpadu (PHT) dan ramah lingkungan
  • Sarana budidaya hortikultura (media tanam, saprodi, alat dan mesin, dll)
  • Sarana penangan pascapanen (alat panen, alat angkut, pengemasan, dll)

Festival Hortikultura merupakan agenda tahunan Direktorat Jenderal Hortikultura sekaligus momentum istimewa bagi pelaku usaha agribisnis Hortikultura untuk saling tukar informasi, membangun jejaring dan menampilkan berbagai produk hortikultura serta sarana penunjangnya. Festival ini bertujuan untuk mengangkat eksistensi pengembangan Hortikultura Nusantara sebagai komoditas komersial, disamping itu juga menyampaikan kepada masyarakat bahwa pemerintah baik pusat maupun daerah mempunyai komitmen yang tinggi untuk membangun industry hortikultura Indonesia.(Rahmad Gunawan, SP)***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here