Panen Raya di Sulawesi Barat Bukti Nyata Swasembada

0
242

Kab. Mamuju 10 Februari 2018, Sulawesi Barat sudah memasuki musim panen, tidak terkecuali di Kabupaten Mamuju. Petani di Kabupaten Mamuju turut meramaikan musim panen kali ini dengan merayakan panen yang diadakan di Kelurahan Sinyonyoi, Kecamatan Kaluku.

Kegiatan panen yang dilaksanakan diatas hamparan sawah milik Kelompok Tani Sikasayangan tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulawesi Barat, Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Barat, Direktur Aneka Kacang dan Umbi, Kepala BPTP Provinsi Sulawesi Barat, Komandan Korem 142 Tatag/KASREM/DANDIM.

Secara keseluruhan, luas sawah di kelurahan Sinyonyoi adalah 820 Ha. Petani di wilayah ini menanam beberapa varietas padi, seperti Ciliwung, Mekongga, dan Ciherang.
Produktivitas mencapai 6,5 – 7,5 ton/Ha GKP. Saat ini harga penjualan gabah di tingkat petani cukup baik yaitu sebesar Rp 4.900/kg GKP.

Sementara itu, pada bulan Februari 2018 perkiraan panen di Provinsi Sulawesi Barat seluas 13.438 Ha yang diperkirakan menghasilkan 67.192 ton GKP. Dengan jumlah penduduk mencapai 1,3 juta jiwa dan jika konsumsi per kapita per bulan mencapai 10 kg, maka berdasarkan perhitungan hasil panen pada bulan Februari saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan selama 3 bulan kedepan. Pasokan beras tersebut akan meningkat jika memperhitungkan perkiraan panen pada bulan Maret seluas 20.389 Ha.

Pada kesempatan tersebut Dirjen Tanaman Pangan juga memastikan adanya kegiatan Serab Gabah (SERGAB) dari seluruh hasil panen kelompok tani Sikasayangan Kelurahan Sinyonyoi tersebut.

Kontributor  Delly kurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here