Workshop Evaluasi Peramalan MH 2017/2018

0
205

Peramalan OPT adalah prakiraan mengenai perkembangan populasi OPT dan serangannya yang akan terjadi pada masa mendatang. Manfaat dari penyusunan angka prakiraan serangan OPT adalah sebagai bahan menyusun perencanaan budidaya tanaman yang tahan terhadap gangguan OPT secara pre-emtip, sehingga angka kejadian di lapangan dapat ditekan tidak melebihi angka prakiraan.  Setiap awal musim tanam, Balai Besar Peramalan OPT mengeluarkan angka prakiraan serangan OPT utama untuk komoditas padi, jagung dan kedelai, yang pada akhir musim dilakukan evaluasi terhadap angka kejadian dilapangan. Pemahaman dan pemanfaatan informasi prakiraan serangan OPT yang mencakup proses penyusunan rumusan angka prakiraan hingga evaluasi prakiraan masih perlu ditingkatkan.

Sehubungan dengan hal tersebut maka BBPOPT melaksanakan Workshop Evaluasi Peramalan OPT Tanaman Pangan MT 2017/2018.

Tujuan dilaksanakannya Workshop Evaluasi Peramalan OPT Tanaman Pangan MT 2017/2018 adalah :

  1. Meningkatkan pemahaman dan pemanfaatan informasi prakiraan serangan OPT Tanaman Pangan.
  2. Mengevaluasi kejadian serangan OPT Tanaman Pangan MH 2017/2018 dan menyusun angka ramalan serangan OPT Tanaman Pangan MK 2018
  3. Meningkatkan jaringan komunikasi dan informasi peramalan OPT Pusat dan Daerah.

Peserta Workshop diundang sebanyak 30 orang yang terdiri dari UPTD Balai Proteksi (Pengolah Data dan Analisa Peramalan Serangan OPT) sebanyak 25 orang dan 5 orang dari  Pusat (Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan, Direktorat Serealia, Direktorat Aneka Kacang dan Umbi).  (INDOK 26/3/18)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here