Jalan Panjang Menjadi Sekretaris Jenderal

0
164

Senin (26/3), Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melantik tiga pejabat eselon satu. salah satunya adalah Syukur Iwantoro yang menduduki posisi Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian. sebelumnya ia adalah Staf Ahli Kementerian Pertanian bidang Investasi Pertanian.
Sedangkan Hari Priyono yang sebelumnya menjadi Sekretaris Kementerian Pertanian menjadi Staf Ahli Kementerian Pertanian bidang Investasi Pertanian. Eselon satu lainnya adalah Direktur Jenderal Hortikultura yang diisi Suwandi. sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Pusat Data dan Informasi Pertanian.
Bagi Syukur Iwantoro menjadi Sekjen Kementerian Pertanian merupakan bagian jalan panjang dalam kariernya. Malang melintang di berbagai bidang membuat Syukur cukup banyak mengetahui kondisi Kementerian Pertanian. Bahkan sempat menempati posisi beberapa eselon satu.
Pria kelahiran situbondo, 30 Mei 1959 ini memulai kerier di Departemen Pertanian (sebelum berubah menjadi Kementerian Pertanian) dari staf di Biro Kerja sama Luar Negeri. kemudian menjadi Kepala Sub. Bagian Kebijakan Subsidi dan Harga di Biro Perencanaan, Setjen Kementerian Pertanian
Saat dibentuk Badan Agribisnis, Syukur mendapat kepercayaan sebagai Bagian Program Badan, lalu menjadi Kepala Pusat Standaridisasi dan Akreditasi pertanian. Namun saat badan Agribisnis berubah menjadi Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (PPHP), Syukur di angkat menjadi Direktur Pengembangan Mutu Hasil Pertanian.
Pada saat Kementerian Pertanian dipimpin Anton Apriyantono, alumni Pertenakan IPB ini mendapat amanah sebagai Kepala Badan Karantina Pertanian. Namun ketika Menteri Pertanian dinahkodai Siswono, Syukur diminta menjadi Dirjen Perternakan dan Kesehatan Hewan (PKH).
Pergantian pucuk dipimpin Kementerian Pertanian teryata terjadi perubahan juga di eselon satu. Pada 1 Juni 2015, jabatan sebegai Dirjen PKH, dialihtugaskan ke Prof. Muladno. Syukur mendapatkan tugas menjadi Satf Ahli Menteri Bidang INvestasi Pertanian.
Jadi PNS
karena Ajakan Teman
Bapak dua anak ini sebelum berkarier menjadi PNS sebenarnya usai lulus kuliah di Fakultas Pertenakan IPB, sempat bekerja di perusahaan swasta nasional yang bergerak di Pembibitan Pertenakan diwilayah Bogor. Karena terpengaruh ajakan teman menjadi PNS di Kementerian Pertanian, Syukur kemudian tertarik juga menjadi PNS.
Bagi Syukur jabatannya sekarang adalah sebuah amanah cukup besar, apalagi saat sambutan pelantikan, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menilai posisi Sekretaris Jenderal ini sangat strategis. Bahkan pejabat eselon 1 yang baru dilanti sangat berpengaruh untuk meningkatkan kinerja Kementan.
Karena itu sebagai Sekjen Kementerian Pertanian, Amran berharap, Syukur Iwantoro dapat mengendalikan Kementaan secara terarah dan sesuai dengan apa yang dicita-citakan bangsa Indonesia. Yakni, Kedaulatan dan Ketahanan Pangan Nasional. apalagi Pemerintah juga mempunyai target menjadi Lumbung Pangan Dunia 2045.
Tantangan paling dekat untuk Sekjen yang baru adalah bagaimana menjadi stabilitas pangan selama Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Bahkan bukan hanya saat ini, tapi selamanya , pesan Amran. Bukan hanya itu, meski tahun lalu harga cukup stabil dan terbaik dalam 10 tahun terakhir, namun Amran meminta, kondisi stabilitas harga tahun ini harus lebih baik, terutama tujuh komoditas pangan utama.
Sebuah amanah yang tidak ringan, namun dengan pengalaman dan perjalan cukup panjang , Syukur tetap optimis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here