Kepala BBPOPT Terjun Langsung Sosialisasikan Kegiatan Budidaya Tanaman Sehat (Dem Area)

0
15

Kepala Balai Besar Peramalan OPT ‘ Tri Susetyo  meberikan bimbingan di kelompok tani Sri rejeki  Kec. Sukagumiwang, Indramayu.  beliau mengatakan bahwa musim tanam sekarang wajib berhasil dengan adanya pengawalan penanganan OPT, BBPOPT selaku institusi di bawah Direktorat Jenderal Tanaman Pangan dan di bawah Binaan Direktur Perlindungan Tanaman Pangan berkewajiban selalu memonitor keadaan OPT yang ada di lapangan. dengan adanya kegiatan dem area diaharapkan dapat mengatasi masalah OPT,

Salah satu OPT utama padi yanga sangat berbahaya saait ini adalah Wereng Batang Cokelat (WBC) dan penyakit yang ditularkan dengan adanya keberadaan WBC yaitu Penyakit Kerdil Rumput dan Kerdil Hampa (KR – KH).

Untuk melakukan pengendalian WBC dan penyakit KR – KH dapat dilakukan dengan prinsip Pengendalian Hama Terpadu (PHT) yaitu : budidaya tanaman sehat, pemanfaatan musuh alami, pengolahan lahan, pemilihan varietas tahan WBC, penanaman tanaman refugia untuk tempat singgah musuh alami dan petani melakukan pengamatan secara rutin di lahan pertanamannya.

kegiatan Dem area mempunyai tujuan yaitu : Memberikan contoh dan memotivasi petani untuk menerapkan budidaya tanaman sehat dan Mengelola keberadaan OPT agar tidak menimbulkan kerugian secara ekonomi.

 

 

berita terkait :

Antusiasme siswa SMK II Subang dlm eduwisata ke BBPOPT

Pertanian Modern Bisa Untungkan Petani Berlipat Lipat

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here