Waspada OPT !!! BBPOPT Giat Lakukan Pengawalan

0
29
Foto : Turyadi Monitoring pengendalian OPT di Desa Sukamukti Kec. Bojongmanguh Bekasi Maret 2019

Serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) merupakan salah satu faktor penyebab tidak tercapainya target produksi. Saat ini sudah mulai muncul beberapa OPT di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah seperti Wereng Batang Coklat (WBC) dan Penggerek Batang Padi (PBP) maka harus dilakukan pengawalan sejak dini, beberapa tahapan yang harus dilaksanakan mulai dari pengamatan secara rutin di persemaian sampai pertanaman.
Pengamatan OPT merupakan hal yang sangat penting yang tidak boleh ditinggalkan, pengamatan dapat mengetahui keberadaan OPT baik intensitas serangan maupun populasi di suatu wilayah.
Populasi OPT pada pertanaman akan sangat menentukan keberhasilan panen, dengan diketahuinya populasi awal OPT petani dapat segera melakukan tindakan pengendalian yang tepat dan akurat, sehingga OPT dapat dikendalikan dengan baik.
Pada Musim Tanam (MT) 2019, BBPOPT gencar melakukan pengawalan OPT di beberapa Kabupaten di Jawa Barat seperti Kab. Karawang, Bekasi, Subang, Indramayu, Majalengka, Bogor serta beberapa Kabupaten di wilayah Jawa Tengah yaitu Kab. Pekalongan, Banyumas, Klaten. BBPOPT berkoordinasi dengan petugas wilayah setempat POPT, PPL, Koortikab, Korluh untuk mendampingi Petani melakukan pengamatan OPT secara rutin dan diharapkan nantinya mampu secara mandiri Petani dapat melaksanakan pengamatan kondisi pertanamannya.

Tak luput juga petugas BBPOPT melaksanakan pertemuan teknis untuk menyusun tindakan pengendalian OPT jika populasi sudah diatas ambang pengendalian salah satu nya kegiatan ini dilaksanakan di Klp Tani Srigemah Desa Bojong Kec. Tirtamulya Kab. Karawang.

 

Foto : Dianto MS Kegiatan Gerdal di Kab. Karawang Maret 2019

 

Foto : Dianto MS kegiatan Gardal di Kab. karawang Maret 2019

Dengan dilaksanakan pendampingan ini diharapkan intensitas serangan OPT MT 2019 dapat dikendalikan, pengamatan secara rutin yang dilakukan seminggu sekali menjadikan OPT tidak berkembang, sehingga panen hasilnya bisa maksimal.

Pengawalan OPT dari sejak dini diharapkan terus dilakukan oleh petugas BBPOPT yang berkoordinasi dengan petugas setempat dan kelompok tani agar panen terus meningkat pada setiap musim.

Salah satu kegiatan bimtek pengendalian OPT Wereng Batang Coklat dilaksanakan di Klp Tani Dewi Supraba Desa Gabus Wetan Kec. Gabus Wetan Kab. Indramayu – Jawa Barat **Erb**

Foto : Yadi Kusmayadi Kegiatan Bimtek Pengendalian WBC di Kec. Gabus Wetan, Indramayu Maret 2019
Foto : Yadi Kusmayadi Kegiatan Bimtek Pengendalian WBC di Kec. Gabus Wetan Indramayu Maret 2019

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here