Yuuuu kita intip ???? Tumpangsari, Terobosan Peningkatan Kesejahteraan Petani

0
164
 Penanaman tanaman kedelai sebagai tumpangsari pada tanaman jagung dapat memperbaiki kesuburan lahan.

Yogyakarta – Kementerian Pertanian (Kementan) dalam hal ini Direktorat Jenderal Tanaman Pangan (Ditjen TP),  terus menargetkan kenaikan produksi padi, jagung dan kedelai (Pajale), dengan penambahan luas tanam melalui berbagai terobosan seperti tumpangsari.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sasongko menjelaskan tumpangsari merupakan cara memanfaatkan persaingan lahan antar komoditas.

Tananaman tanaman kedelai sebagai tumpangsari pada tanaman jagung dapat memperbaiki kesuburan lahan,” ujarnya.

Sasongko menjelaskan Provinsi DIY tahun ini diberikan target tumpangsari seluas 5 ribu ha dengan masing-masing luas per kabupaten terdiri dari, Kabupaten Kulon Progo terdapat 391 ha (jagung dan kedelai ); Kabupaten Gunung Kidul 1.346 ha baru tersalurkan 586 ha (padi dan kedelai ); sedangkan Kabupaten Bantul dari 914 ha baru terealisasi 727 ha; dan Kabupten Sleman 150 ha (jagung + kedelai).

Salahsatu penyuluh dari Kabupaten Kulon Progo, Ahmadi menyampaikan rencana tanam kedelai lokasi Kelompok Tani Subur di Desa Wahyuharjo, Kecamatan Lendah, diperkirakan seluas 103 ha varietas Anjasmoro, sementara untuk produktivitas rata-rata lebih dari 2 ton/ha.

Untuk melihat pelaksanaan tumpangsari di provinsi ini, Ditjen TP mengirimkan timnya. CV. Lima Saudara, Penangkar Benih Kedelai di Desa Jatirejo, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulonprogo menjadi salah satu lokasi yang dikunjungi.

Penangkar benih kedelai yang sudah berjalan kurang lebih 14 tahun ini telah menjadi langganan kerjasama Dinas Pertanian selama 3 tahun dan sudah mendapat kepercayaan dari produsen benih. CV Lima Saudara setiap tahun memproduksi benih sebanyak 300-400 ton.

Tumpangsari Jagung-Kedelai

Kabupaten Gunung Kidul telah memiliki lokasi tumpangsari kedelai dan jagung, tepatnya di Desa Bleberan, Kecamatan Playen.

Di kabupaten ini juga memiliki Penangkar Benih Kedelai. Varietas kedelai yang mendominasi di Kabupaten Gunung kidul yakni Grobogan. Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Gapoktan Sido Maju, Sumari.

Sumari yang juga merupakan penangkar benih kedelai pemilik UD Sumber Tani ini berterimakasih pada pemerintah atas bantuan dryer berkapasitas 20 ton untuk jagung yang pernah ia terima.

“Ini adalah bagian dari bantuan Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Sumarjo Gatot Irianto, tak lupa kami ucapkan terima kasih atas bantuan beliau,”ungkapnya (sumber : Tabloidsinartani.com)

Berita Terkait :

Menteri Amran Beberkan Capaian Empat Setengah Tahun Sektor Pertanian

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here