Sukses Dongkrak Ekspor Pertanian, Mentan Amran Raih Penghargaan di Indonesia Awards 2019

0
20

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman kembali mendulang prestasi. Kali ini Amran mendapatkan penghargaan sebagai ‘Pengekspor Komoditas Unggulan Hasil Bumi Terbanyak Selama Lima Tahun Terakhir’ pada ajang Indonesia Awards 2019 di Jakarta Concert Hall, iNews Center, Kebon Sirih, Jakarta, Kamis (3/10/2019) malam. 

Gelaran penghargaan yang diselenggarakan oleh stasiun televisi berita iNews tersebut menasbihkan Amran sebagai pejabat pemerintah yang memiliki komitmen kuat dalam meningkatkan laju pertumbuhan pembangunan pertanian. Salah satu kontribusi terbesar Amran dalam pembangunan pertanian adalah menjalankan sejumlah program terobosan demi mengakselerasi ekspor komoditas pertanian.  

Pihak penyelenggara Indonesia Awards 2019 mencatat bahwa selama lima tahun terakhir, ekspor pertanian Indonesia meningkat tajam. Total volume ekspor tahun 2014 sebanyak 33 juta ton, namun pada tahun 2018 telah mencapai 42.5 juta ton. Diperkirakan pada tahun ini, volume ekspor bisa menembus 45 juta ton. 

Mewakili Menteri Pertanian yang berhalangan hadir, Sekretaris Jenderal Kementan Momon Rusmono menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diraih. “Suatu penghargaan yang sangat luar biasa di tahun kelima kepemimpinan Bapak Amran. Tentunya penghargaan ini tidak dapat diraih tanpa kontribusi seluruh pihak, termasuk petani kita di seluruh Indonesia. Semoga penghargaan ini dapat memotivasi seluruh pihak terutama generasi milenial untuk menjadi eksportir pertanian dan  mewujudkan Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045,” ucap Momon. 

Peningkatan ekspor pertanian secara nyata turut berkontribusi positif terhadap kinerja perdagangan Indonesia. Pada Agustus lalu misalnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekspor komoditas hasil pertanian berperan besar dalam menyumbang surplus neraca perdagangan. Nilai ekspor Indonesia dari pertanian sebesar 0,34 miliar dolar Amerika Serikat (AS). Struktur ekspor menurut sektor dari p pertanian pada Agustus 2019 menyumbang 2,37 persen. 

Indonesia Awards merupakan penghargaan yang diberikan oleh iNews kepada lembaga pemerintahan, non-pemerintahan, maupun perorangan yang telah berkontribusi dan konsisten dalam pembangunan negeri. Indonesia Awards pertama kali diselenggarakan pada 2017.

Dalam Indonesia Awards 2019, Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) dan Ketua Mahkamah Konstitusi 2008-2013 Mahfud MD didaulat menjadi juri kehormatan. Sedangkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin merupakan juri eksternal.

Mahfud berharap, nilai-nilai dalam Indonesia Awards benar-benar diserap oleh masyarakat. Dengan demikian, situasi sosial kemasyarakatan akhir-akhir ini tak berpengaruh kepada tujuan utama bangsa dan negara. 

“Mari kita isi Indonesia dengan kebaikan-kebaikan, prestasi untuk kita semuanya. Setiap bidang sudah kita punya keahlian, pun setiap masalah yang muncul di negara dan di masyarakat sudah ada yang menangani,” ucap Mahfud (sumber : inews.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here